Pelayanan Keliling Administrasi Kependudukan di Kecamatan Maja

pELAYANAN dISDUKCAPIL Kab. Lebak di Kec. MajaPelayanan Keliling Administrasi Kependudukan di Kecamatan Maja. Pada tanggal 25 Februari 2015 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lebak melakukan pelayanan keliling Administrasi Kependudukan di Kecamatan Maja mulai Jam 09.00 WIB sampai dengan jam 13.00 WIB. Pelayanan ini dilaksanakan untuk melaksanakan amanat UU Nomor 24 tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan, dimana dalam UU tersebut diamanatkan bahwa yang harus aktif (stelsel aktif) adalah Pemerintah dalam pelayanan Administrasi Kependudukan. Pelayanan Administrasi Kependudukan tersebut meliputi :

  1. Pelayanan Perekaman KTP-el

Tujuan dari pelayanan ini adalah menjaring masyarakat di Kecamatan Maja yang belum melakukan perekaman KTP-el, karena syarat untuk mendapatkan KTP-el masyarakat harus melakukan perekaman KTP-el. Diharapkan dengan melakukan pelayanan langsung di Kecamatan ini masyarakat yang belum terekam KTP-el dapat terekam.

  1. Pelayanan pembuatan Kartu Keluarga (KK)

Tujuan dari pelayanan ini adalah menjaring masyarakat di Kecamatan Maja yang belum memiliki Kartu Keluarga, atau yang sudah menikah tapi belum memiliki Kartu Keluarga (KK nya masih menginduk pada orang tua masing), agar jumlah data Kepemilikan Kartu Keluarga di Kecamatan Maja dapat terkontrol. Dan khusus untuk pelayanan Kartu Keluarga (KK) dapat langsung di terbitkan di Kecamatan pada saat pelayanan tersebut.

  1. Pelayanan Pembuatan KTP-el

Tujuan dari pelayanan ini adalah menjaring masyarakat di Kecamatan Maja yang belum KTP-el agar segera memiliki KTP-el dengan syarat harus melakukan perekaman KTP-el terlebih dahulu. Diharapkan dengan melakukan pelayanan langsung di Kecamatan maja ini, masyarakat Maaja yang belum memiliki KTP-el dapat segera memiliki KTP-el. Khusus untuk penerbitan KTP-el ini tidak dapat dilaksanakan di Kecamatan, mengingat alat pencetakan KTP-el tidak dapat dipindah-pindah dan hanya bias diproses di Disdukcapil Kabupaten Lebak.

  1. Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran

Tujuan dari pelayanan ini adalah menjaring masyarakat di Kecamatan Maja yang belum memiliki Akta Kelahiran. DIharapkan dengan pendekatan pelayanan ini, masyarakat Kecamatan Maja yang belum memiliki Akta Kelahiran dapat segera memiliki Akta Kelahiran. Untuk pelaksanaan pelayanan Akta Kelahiran ini, hanya dilakukan pemberkasan saja d Kecamatan dan penerbitannya dilakukan di Disdukcapil Kab. Lebak, mengingat proses penerbitan Kartu Keluarga harus melalui beberapa tahapan verifikasi data.