Dalam rangka mewujudkan visi dan misi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lebak maka disusun program dan kegiatan sebagai berikut;
1. Program pelayanan administrasi perkantoran
2. Program peningkatan sarana dan prasarana aparatur
3. Program peningkatan pengembangan sistem pelaporan capaian kinerja dan keuangan
4. Program Penataan Administrasi Kependudukan
Dengan kegiatan sebagai berikut;
1. Penbangunan dan Pengoperasian SIAK secara terpadu
2. Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan
3. Pembinaan pelaporan kependudukan
4. Penyusunan Profil kependudukan skala provinsi
5. Pemanfaatan database kependudukan
6. Rapat teknis kapasitas SDM aparatur
7. Pembinaan pelaporan catatan sipil
8. Sosialisasi kebijakan terkait penyelenggaraan administrasi kependudukan
9. Rapat koordinasi pencapaian target nasional akta kelahiran anak usia 0-18 tahun
10. Bimbingan teknis pendaftaran penduduk
11. Bimbingan teknis pencatatan sipil
12. Bimtek Pengelola informasi administrasi kependudukan
13. Bimtek pemanfaatan data dan dokumen kependudukan
14. Fasilitasi pelaksanaan penertiban KTP elektronik ke Kab/Kota
15. Peningkatan SDM pejabat Dinas kependudukan dan pencatatan sipil
16. Penyusunan buku data kependudukan per semester tingkat provinsi
17. Penyusunan profil kependudukan skala provinsi (DAK non fisik)